فعالية استخدام وسيلة Fun Easy Learnلترقية إتقان المفردات العربية لدى طلاب الصف التاسع بمدرسة إحياء علوم الدين المتوسطة الإسلامية بنجربارو

Anida Yuspa, Said Taufiqurrahman Bahsin

Abstract


ABSTRACT

The learning of Arabic, particularly vocabulary, among ninth-grade students at MTs Ihya 'Ulumuddin Banjarbaru faces challenges in vocabulary mastery due to several factors. These include the use of traditional teaching methods by teachers especially the translation method a limited instructional time which reduces learning effectiveness, and the lack of variety in instructional media. This study aims to determine the effectiveness of using the Fun Easy Learn application in improving the vocabulary mastery of ninth-grade students at MTs Ihya 'Ulumuddin Banjarbaru. This research employs a quantitative approach and uses an experimental method. Based on the research data, the researcher concludes that the use of the Fun Easy Learn application significantly improves vocabulary mastery among ninth-grade students at MTs Ihya 'Ulumuddin Banjarbaru. A significant difference was found between the experimental class and the control class. The post-test average score of the control class was 76.18, while the experimental class scored 89.12. Based on the statistical result of p < 0.001, which is less than 0.05, it indicates that Ha is accepted and Ho is rejected. The conclusion of this study is that the use of the Fun Easy Learn application is effective in enhancing vocabulary mastery among ninth-grade students at MTs Ihya 'Ulumuddin Banjarbaru.

Keyword : Fun Easy Learn Application, Vocabulary Mastery

ABSTRAK

Pembelajaran Bahasa Arab khususnya kosakata pada siswa kelas IX MTs Ihya ‘Ulumuddin Banjarbaru mengalami kekurangan dalam penguasaan kosakata yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya metode yang digunakan oleh guru yang masih menggunakan metode tradisional, yang metode terjemahan,waktu pendidikan yang sempit sehingga pembelajaran kurang efektif, dan penggunaan media yang kurang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Aplikasi Fun Easy Learn Dalam Meningatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas IX MTs Ihya ‘Ulumuddin Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian Eksperimen. Berdasarkan hasil dari data penelitian, peneliti dapat menarik kesimpulan dari penggunaan Aplikasi Fun Easy Learn Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas IX MTs Ihya ‘Ulumuddin Banjarbaru, yaitu Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan diketahui bahwa nilai Post-test kelas kontrol dengan rata-rata 76,18 dan kelas eksperimen 89,12. Berdasarkan hasil data diatas  <0.001 lebih kecil dari 0.05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penggunaan Aplikasi Fun Easy LearnDalam Meningatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas IX MTs Ihya ‘Ulumuddin Banjarbaru efektif.

 Kata Kunci: Aplikasi Fun Easy Learn, Penguasaan Kosakata


Keywords


Fun Easy Learn Application, Vocabulary Mastery

Full Text:

PDF

References


Afriandy, Muhammad. "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN." Journal of Instructional Technology (2024): 142.

Ainin, Moh. Metode Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Lisan Arabi, 2019.

Al-Khuli, Muhammad Ali. Metode Pengajaran Bahasa Arab. Riyadh: Universitas Riyadh, 1987.

Anjani, Diajeng Tiara. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Game Edukasi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di Maitrreechit Wittayathan School. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2024.

Arikunto, Suharsimi. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.

Cresswell, John W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitave and Qualitative Research. New Jersey USA: Pearson Education Inc, 2008.

Dzamarah, Syaiful Bahri and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Fajriah, Zahratun. "Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Mufradat Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar." Jurnal El-ibtikar Vol. 9 No. 1 (2020): 74.

Furoidah, Asni. "Media Pembelajaran dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab." Jurnal Al Fusha: Arabic Language Education Journal Vol. 2 No. 2 (2020): 66.

Hanifah, Umi. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Surabaya: Putra Media Nusantara, 2011.

Hiasa, Fina and Emi Agustina. "Efektivitas Media Pembelajaran Teori Sastra Berbasis Mobile Learning Berbantuan Aplikasi Inventor." Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 6 No. 1 (2023): 15.

Husna, Asmaul and Zainal Abidin. "The Effectiveness of Media Guessing Word in Improving Arabic Vocabulary Mastery of Class X Students of SMA Muhammadiyah 1 Tangerang." Jurnal Shaut Al-Arabiyah Vol. 12 No 1 (2024): 2.

Kadir. Statitstika Terapan (Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian). Jakarta: Rajawali Press, 2015.

Muna, Wa. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2011.

Musthofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Nisa, Vividia Chirun. Pembelajaran Istima’ Pada Aplikasi Arab Fun Easy Learn (Studi Analisis Konten Menurut Standar ACTFL). Mojokerto: Universitas KH. Abdul Chalim, 2023.

Prameswari, Dinda Putri and Theresia Sri Rahayu. "Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Dan Numbered Head Together: Kajian Meta – Analisis." Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 3 No. 1 (2020): 205.

Azima, H. N., Qomariah, R. N., & Mahfuzah, N. (2024). مشكلات تعليم النحو لدى طلاب الدفعة 21 ج بقسم تعليم اللغة العربية في جامعة أنتساري الإسلامية الحكومية بنجرماسين. FASAHAH, 1(2), 39–55. https://doi.org/10.62748/fasahah.v1i2.135

Rizka and Husin. "Penguasaan Kosakata Bahasa Arab,”Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab di Panti Asuhan Nurul Jannah." Jurnal Pembelajaran dan Pengmebangan Diri (2022): 30.

Sesep and Mahmud Munawar. Metode Cepat Menghafal 1000++ Vocabulary dan 16 Tenses. Jakarta: PT Trans Media, 2012.

Soeparno. Media Pengajaran Bahasa. Jakarta: Logos, 1987.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.

Sugiyono. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Utami, Putri Silvia. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. 2023: Universitas Jambi, Jambi.

Vinda, Afifah and Ikhwan. "Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab." Jurnal Sastra Arab (2020): 39.




DOI: https://doi.org/10.62748/fasahah.v2i01.269

DOI (PDF): https://doi.org/10.62748/fasahah.v2i01.269.g120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexex By ;

    

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

FASAHAH
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Hijrah Martapura
Jalan Cindai Alus RT.08 RW.03, Desa Cindai Alus,
Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan.
Email: fasahah.stitdarulhijrah@gmail.com
 
 
Lisensi Creative Commons
FASAHAH Journal is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .