SISTEM PENDIDIKAN ISLAM PONDOK PESANTREN AL-FALAH BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN (INTEGRASI SEKOLAH DAN PESANTREN)
Abstract
Currently, the role of Islamic boarding schools (pesantren) is crucial in supporting social success. The importance of focusing on the education of students (santri) lies in its influence on their physical and emotional development. This study focuses on how Pondok Pesantren Al-Falah in Banjarbaru, South Kalimantan, integrates formal education with the traditional Islamic education system. Through a descriptive qualitative approach, the research reveals that Pondok Pesantren Al-Falah opts for a full integration model. This means that they fully maintain the characteristics and education system of the Salafiyah pesantren while ostensibly running two separate educational systems school and pesantren yet under the same foundation. The learning process at Pondok Pesantren Al-Falah adopts the regular school/madrasah format with a Madrasah Tsanawiyah (MTs) program for three years and a Madrasah Aliyah (MA) program for another three years, which is applied both in teaching at the pesantren and in the public school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainurafiq, Dawam, dan Ahmad Ta’arifin. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Jakarta: Lista Fariska Putra, 2005.
Amelia, Cut Nadia. “Dimensi Hukuman Dalam Pendidikan Islam (Implementasi Praktik-Strategi Di Lingkungan Dayah),” t.t.
Anwar, Ali. Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Kediri: Pustaka Pelajar, 2011.
Daradjat, Zakiah. Pendidikan islam dalam keluarga dan sekolah. Jakarta: CV Ruhama, 1999.
Daulay, Haidar Putra. Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana, 2018.
Haryanto, Sugeng. Persepsi santri terhadap perilaku kepemimpinan kiai di pondok pesantren: studi interaksionis simbolik di Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2012.
Holidi, Moh. “STRATEGI PONDOK PESANTREN AL-HIKAM TUNJUNG BURNEH BANGKALAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19,” 2021.
Muhaimin. Arah baru pengembangan pendidikan islam: pemberdayaan pengembangan kurikulum hingga redefinisi islamisasi pengetahuan. Bandung: Nuansa, 2003. https://www.semanticscholar.org/paper/Arah-baru-pengembangan-pendidikan-islam-%3A-kurikulum-Muhaimin/31eddd7ffdf6efa5638969a2b055eeb7c5b70edb.
Nafi’, M Dian. Praksis Pembelajaran Pesantren. Yogyakarta: Institute for Training and Development, 2007.
Nasir, Ridwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Nawawi, H. Hadari. Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2015.
Ni’am, Syamsun. “Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Kasus di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang.” Jember: STAIN Jember, 2005. https://scholar.google.com/scholar?cluster=2691255773999109497&hl=en&oi=scholarr.
Ni’mah, Zetty Azizatun. “Formulasi Model Pengembangan Pendidikan Islam: Kajian Integrasi Madrasah, Sekolah Dan Perguruan Tinggi Dengan Pesantren.” Didaktika Religia 4, no. 1 (24 Juni 2016): 209–40. https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i1.p209-240.2016.
Poerwadarminta, W. J. S. Kamus umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 2003.
Qomar, Mujamil. Pesantren: dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Erlangga, 2002.
Rahim;, Prof DR Husni. Madrasah dalam Politik Pendidikan Di Indonesia. PT LOGOS WACANA ILMU, 2005. //digilib.ptiq.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D13240%26keywords%3D.
Rofiq, Ahmad. Pemberdayaan pesantren: menuju kemandirian dan profesionalisme santri dengen metode daurah kebudayaan. Pustaka Pesantren kerjasama dengan Yayasan Kantata Bangsa, 2005.
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008.
Suprayogo, Imam. “Ma’had Jami’ah: Wahana Pembinaan Mahasiswa dalam Bidang Pengembangan Spiritualitas dan Ilmu Keagamaan.” Diakses 15 Oktober 2018. http://www.imamsuprayogo.com/viewd_artikel.php?pg=452#sthash.DMUpD0fF.dpuf.
Syarifuddin, Nur. “MADRASAH SEBAGAI BENTUK TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA.” Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam 2, no. 2 (31 Desember 2017): 25–54.
Taulabi, Imam. “INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DAN SEKOLAH.” Jurnal Pemikiran Keislaman 24, no. 2 (23 September 2015). https://doi.org/10.33367/tribakti.v24i2.169.
Usman, Muhammad Idris. “Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, Dan Perkembangannya Masa Kini).” Al-Hikmah 14, no. 1 (13 Juni 2013): 127–46.
Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan tradisi: esai-esai pesantren. LKis, 2001.
Zamakhsary, Dhofir. Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.
DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v9i02.66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .