PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF HADITS
Abstract
ABSTRACT
Teachers in the Islamic view are people who play a role in the spiritual development and physical growth of students so that they can carry out their duties as servants or caliphs on earth according to Islamic teachings. An teacher should not be harsh and make things difficult for students because in accordance with the Hadith it is stated that the Prophet Muhammad SAW was sent as an teacher who made things easier, not difficult. The teacher is the representative of parents in the home environment, and their role in the school environment is to train students to achieve predetermined goals and make themselves human beings who do not deviate by providing examples that can be imitated, because the teacher is a learning resource, facilitator, person who manages learning, people who can provide instructions to students, or people who are called demonstrators, and are people who are able to realize ideas that exist in the world of education. The type of research used is Library Research. The main data source in this research is hadith manuscripts about teachers and the secondary sources in this research are books and journals that are relevant to the research.
ABSTRAK
Pendidik dalam pandangan Islam merupakan orang yang berperan dalam perkembangan rohani dan pertumbuhan jasmani peserta didik agar bisa menjalankan tugas-tugas sebagai seorang hamba ataupun khalifah di bumi sesuai ajaran Islam. Seorang pendidik tidak boleh bersikap keras dan menyulitkan peserta didik karena sesuai dengan Hadits yang disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW diutus sebagai pendidik yang mempermudah bukan mempersulit. Guru merupakan wakil orang tua di lingkungan rumah, dan peranannya di lingkungan sekolah adalah melatih siswa mencapai tujuan yang telah ditentukan serta menjadikan dirinya sebagai manusia yang tidak menyimpang dengan memberikan contoh yang dapat ditiru, karena guru sebagai sumber belajar, fasilitator, orang yang mengelola pembelajaran, orang yang dapat memberikan petunjuk kepada peserta didik, atau orang yang disebut demonstrator, serta menjadi orang yang mampu mewujudkan ide-ide yang ada dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Library Research (Kajian Pustaka). Sumber data utama pada penelitian ini adalah manuskrip hadits tentang pendidik serta yang menjadi sumber sekunder dalam penelitian ini adalah buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyat, Nur. “Metode pembelajaran pendidikan agama Islam.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 24–31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5.
Al-Hariri, Muhammad Al-Amin. Al-Kawkab Al-Wahhaj Syarh Sahih Muslim. Makkah Al-Mukarramah: Dar Al-Minhaj, 2009.
Alkattani, Abdul Hayyie, dan Aulia Ramdanu. “Kepemimpinan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alahi wasallam dalam sistem pendidikan.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (2023): 99–106. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8239.
Al-Qaththan, Syaikh Manna. Pengantar Studi Ilmu Hadits. Pustaka AL kautsar, 2005.
Arifin, Siful. “Eksistensi Orang Tua Sebagai Pendidik dalam Perspektif Hadits.” Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 6, no. 2 (2018): 251–66.
As Suyuty, Jalal ad-Din Abd ar Rahman bin Abi Bakr. Al Jami Al Saghir fi Ahadits Al Basyir Al Nadzir. Beirut: Dar Al Kotob Al Ilmiyah, 2016.
Astuti, Dewi, dan Nurainun Hasibuan. “Peran Nabi Muhammad sebagai Guru: Role Model dan Motivator.” AHDAF Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.47766/ahdf.v1i2.1655.
Azizah, Khanifatul, dan Muhammad Ali Fuadi. “Profesionalisme Guru dalam Islam: Kajian Konseptual Hadits Tarbawi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 1 (2021): 73–87. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6244.
Daud, Abu. Sunan Abu Daud. Dar Ul-Kutub Al-Ilmiyyat, 1981.
Desman, Desman, Robi Aroka, Edi Safri, dan Rehani Rehani. “Muhammad Rasulullah SAW Sebagai Pendidik.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 4852–64. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.887.
Giantara, Febri. “Sifat-Sifat Pendidik Prespektif Hadis Nabi.” Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2022): 61–76. https://doi.org/10.53649/symfonia.v2i1.18.
Hamid, Syamsul Rijal. Ensiklopedia Hadits Ibadah Bersuci dan Shalat Wajib. PT Gramedia Pustaka Utama, 2022.
Jasiah, Jasiah, Marselus Marselus, Haris Haris, Marjuki Marjuki, Ahmad Taufiq, dan Nindha Ayu Berlianti. “Kajian Pustaka.” MAHIR MENGUASAI PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) DALAM 20 (2012): 109.
Juwita, Sri, dan Maslani Maslani. “Konsep Pendidik Dalam Perspektif Hadits Nabi.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 4, no. 01 (2023): 01–21. https://doi.org/10.52593/pdg.04.1.01.
Kasim, Tengku Sarina Aini Tengku, dan Faridah Che Husain. “Pendekatan individu dalam pengajaran Pendidikan Islam sebagai wahana melahirkan modal insan bertamadun.” Jurnal Usuluddin 27 (2008): 141–56.
Kosim, Mohammad. “Guru dalam perspektif islam.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2008). https://doi.org/10.19105/tjpi.v3i1.223.
Maimun, Maimun. “MODEL PENDIDIKAN EFEKTIF DAN APLIKATIF MENURUT ABDULLAH BIN SA’AD AL-FALIH.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2015): 169–92.
Muvid, Muhamad Basyrul. “Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits (Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Pendidikan).” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 1 (9 Juni 2020): 1. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1733.
Natsir, Nanat Fatah, Ade Aisyah, Hasbiyallah Hasbiyallah, dan Mahlil Nurul Ihsan. “MUTU PENDIDIKAN: KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (30 Desember 2018): 311. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3315.
Nurhadi, Nurhadi. “Pendidikan Keluarga Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw.” Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 24, no. 1 (2019): 1–34. https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2696.
Rahman, Anisa, Annisa Rahmi Rambe, dan Reni Triana. “Peran guru dan orang tua dalam perkembangan peserta didik.” Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) 2, no. 2 (2022): 149–58. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.302.
Yasin, Muhammad, Rosaliana Rosaliana, dan Sevia Rahayu Nur Habibah. “Peran Guru di Sekolah dan Masyarakat.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. 3 (2023): 382–89. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1810.
DOI: https://doi.org/10.62748/tarbawi.v12i01.113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexex By ;
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TARBAWI Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .